Facebook

Berita Terbaru

Februari 2015

Pemungutan Suara RSNI4selengkapnya

Februari 2015

Jajak Pendapat RSNI3 untuk CATselengkapnya

Februari 2015

Info Singkat Standardisasiselengkapnya

Berita Lainnyaselengkapnya
Login Anggota
E-MAIL
PASSWORD
| LUPA PASSWORD?
DAFTAR SEKARANG
Gedung 1 BPPT, Lantai 13
Jl. M.H. Thamrin no. 8 Kebon Sirih
Jakarta Pusat 10340 - Indonesia.
Telp : +6221-3927422/3927433
Fax : 021-3927527/3927528
Produk ber-SNI
Mutu Agung Lestari
Ajidharmamas Tritunggal Sakti
Unilab Perdana

SOSIALISASI SNI UKM PANGAN

Share

Semarang, 22-23 Mei 2012

Menurut sensus ekonomi (BPS, 2006) UMKM di Indonesia mendominasi sebesar 99,75% dan hanya 0,19% merupakan usaha skala besar. Dominasi skala usaha mikro sebesar 83,27% atau sebanyak 18,933 juta usaha dan 15,81% usaha kecil. Ini jelas memberikan gambaran bahwa UMKM di Indonesia sangat penting, dan kebijakan yang menyentuh kepadanya harus sistematis dan jelas. Persoalannya adalah bagaimana menciptakan agar UMKM terus bergerak menuju skala meningkat di atasnya, dari mikro menjadi kecil, dari yang kecil menuju usaha menengah, dan dari usaha-usaha menengah berkembang menjadi usaha besar.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah guna mengatasi persoalan di atas. Salah satunya adalah dengan meningkatkan daya saing produk-produk UMKM dengan melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Oleh karena itu, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Mastan Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan Sosialisasi SNI bagi UKM Pangan. Sosialisasi yang diselenggarakan sehari penuh tersebut dihadiri oleh UKM dari Semarang dan sekitarnya termasuk calon-calon wirausahawan dari mahasiswa Universitas Diponegoro.


Sosialisasi tersebut diharapkan dapat mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada UKM makanan ringan tentang arti pentingnya Standar Nasional Indonesia (SNI) pada produk yang dihasilkan, seperti yang disampaikan oleh wakil dari PT. Gunung Subur Semarang dalam sesi succes story. PT. Gunung Subur merupakan pemenang SNI Award kategori Industri Kecil Menengah dengan produk unggulan Teh dalam kemasan.


Satu hari sebelum sosialisasi tersebut, DPN Mastan yang diwakili oleh Sekretris Jenderal (Sekjen) Mastan Ir. Supandi me-refresh kembali pengetahuan pengurus tentang proses standardisasi dan simulasi Jajak Pendapat dan Pemungutan Suara Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) melalui Sistem Informasi Standar Nasional Indonesia (SISNI) karena sebagian besar pengurus DPW belum familier dengan sistem ini. Dengan adanya simulasi SISNI tersebut diharapkan pengurus DPW dapat meningkatkan tingkat partisipasi anggota Mastan dalam perumusan SNI.

(msi)

SITUS TERKAIT    Situs BSN    Situs ifan


copyright © 2011. mastan.or.id
all rights reserved
design by: i-Solution